Pages

Tuesday, September 20, 2011

KONSEP DAN PROTOKOL ROUTING

Resume Pertemuan ke 3bersulang
Tugas Mas Dewa mengenai ringkasan pertemuan 3 mata kuliah Konsep & Protokol Routing di Stikom Surabaya .

Proses Pengiriman Packet pada router

Pengiriman data dari PC-PT(192.168.1.101) ke Server-PT(192.168.3.101) harus melalui beberapa tahapan.

Saat data akan dikirim dari PC ke Server, data yang berada di PC akan melalui proses enkapsulasi dari layer teratas (application) sampa layer terbawah (physical). Data masih belum mengalami "perubahan bentuk" dari layer application sampai layer session. Setelah data memasuki layer transport, layer transport ini merupakan "end to end" communication. Data akan ditambah header yang berisi source port & destination port dan data diubah menjadi segmen-segmen kemudian dienkapsulasi ke layer network. Layer network merupakan "host to host" communication. Pada layer network ini ada penambahan header yang berisi source IP & destination IP, maka berubah menjadi packet. Setelah itu packet masuk ke layer data link, layer ini merupakan "hop to hop" communication. Pada layer ini, terjadi enkapsulasi dengan menambahkan header yang berisi source MAC & destination MAC, sehingga berubah menjadi frame. Terakhir frame-frame mengalir ke layer Physical untuk kemudian diubah menjadi bit-bit. setelah meninggalkan layer ini, bit-bit akan diubah menjadi sinyal listrik atau intensitas cahaya dan dikirim melalui media jaringan.

Setelah informasi (berupa bit-bit) sampai di Server maka proses kebalikannya, yaitu "melepas" header satu persatu dari layer terbawah hingga ke layer paling atas. Proses melepas header ini disebut de-enkapsulasi.

Saat data sampai pada R1, maka dide-enkapsulasi sampai pada layer network, karena router terbatas pada layer 3 saja. Di sini akan dicek destination IP nya. Bila tidak dalam 1 segmen jaringan, maka melihat tabel routing yang berisi:

1. connected network
2. remote network
3. detail information

Setelah tahu data akan dikirim melalui interface mana, maka dilakukan proses switching. Switching adalah memindahkan data dari interface router ke interface lain pada router tersebut. Maka source & destination MAC berubah saat terjadi enkapsulasi.

Bila ingin mengkonfigurasi router harus menggunakan PC atau laptop melalui console. Dengan kabel console (rollover) yang berwarna biru ke serial RS232 pada PC atau dengan converter serial to usb pada laptop, lalu hubungkan kabel tersebut ke interface console router. Selanjutnya untuk mengkonfigurasi bisa menggunakan aplikasi hyper terminal atau secureCRT.

File pdf nya bisa di donlot dimarisalaman

0 comments:

Post a Comment